Jumat, 08 November 2013

USAID PRIORITAS KAB.PEKALONGAN





                        SELAMAT DATANG USAID PRIORITAS DI KAB.PEKALONGAN 

                                            SELAMAT DATANG PEMBELAJARAN 

                            YANG AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN  




Photo suasana pembelajaran yang tersentral pada guru , siswa diam dan kurang interaktif.Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi mitra USAID PRIORITAS untuk merubah paradigma lama dan mindset guru agar mau dan mampu melaksanakan pembelajaran di kelas dengan suasana pembelajaran yang PAKEM.  




Bukan hal yang rahasia lagi pada kenyataan yang sering dijumpai dalam pembelajaran di kelas,guru dalam menyampaikan materi pelajaran hanya terfokus pada pendekatan pembelajaran yang hanya tersentral pada sosok guru. Guru bak satu-satunya sumber belajar.

Pada hal disisi lain keberadaan siswa disamping membutuhkan perhatian, semestinya dalam suasana pembelajaran siswa juga harus dibangkitkan imajinasi ataupun kreatifitasnya yaitu dengan pendekatan pembelajaran yang menumbuhkan dan memupuk rasa percaya diri dan berani mengungkapkan pendapatnya. Hal inilah yang menjadi keprihatinan dan tantangan kita untuk mengubah mindset guru dari gaya mengajar pola lama dengan gaya mengajar dengan pendekatan pembelajaran humanistik yaitu pembelajaran yang PAKEM. 

Untuk itulah guna menghadapi tantangan dan merealisasi dalam merubah gaya mengajar dan mindset tersebut. Maka kehadiran sebuah program yang menawarkan bantuannya berupa bantuan teknis dalam meningkatkan mutu pembelajaran, yaitu sebuah program dari pemerintah USA melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan, berupa program USAID PRIORITAS kepada pemerintah kabupaten Pekalongan disambut antusias oleh Bupati Pekalongan.  

Setelah melalui proses pengkajian instansi terkait dan pemangku pendidikan di kabupaten Pekalongan, maka diputuskan penanda tanganan KAK antara USAID PRIORITAS perwakilan Jawa Tengah dengan pemerintah kabupaten Pekalongan.  

Karena program USAID PRIORITAS memberikan bantuan tidak berupa grand , tetapi bantuan hibah yaitu pemberian bantuan berupa bimbingan teknis dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang berfokus pada perubahan nyata yang harus ada perubahan secara signifikan. 

Demikian antara lain yang diungkapkan oleh Dr.Nurkholis selaku PC USAID PRIORITAS perwakilan Jawa Tengah dalam penjelasannya pada acara Sosialisasi program USAID PRIORITAS kabupaten Pekalongan pada hari Kamis,31 Oktober 2013 . Pada acara tersebut disamping dihadiri para kepala sekolah mitra bersama ketua komite sekolah, juga pejabat terkait serta wakil ketua DPRD kabupaten Pekalongan. ( Disarikan oleh Totok Joko Purwanto,calon Fasda kab.Pekalongan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar